Surat Edaran Nomor 8
Surat Edaran Nomor 8

Surat Edaran Nomor 8 tahun 2020 Tanggap COVID-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa

Surat Edaran Nomor 8 tahun 2020 Tentang Desa Tanggap COVID-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa. Surat Edaran ini adalah Surat Edaran yang spesifik bertujuan sebagai acuan dalam pelaksanaan Desa Tanggap COVID-19 dan Pelaksaan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dengan menggunakan Dana Desa.

Latar Belakang Surat Edaran Nomor 8 tahun 2020

Penyebaran COVID-19 di seluruh dunia termasuk Indonesia saat ini mulai berpengaruh pada sendi-sendi ekonomi, termasuk ekonomi masyarakat di Desa. Surat Edaran ini diterbitkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia. SE sesuai dengan arahan dari Presiden Indonesia Joko Widodo terkait dengan prioritas penggunaan Dana Desa untuk penguatan ekonomi masyarakat Desa dan Penguatan kesehatan masyarakat.

Apa itu Padat Karya Tunai Desa (PKTD)?

PKTD adalah kegiatan pembangunan di Desa yang pengelolaannya secara swakelola, serta pendayagunaan Sumber Daya Alam (SDA), Teknologi Tepat Guna (TTG), Inovasi dan Sumber Daya Manusia (SDM). PKTD sendiri dilaksanakan agar masyarakat Desa bisa turut serta melakukan pembangunan di Desa baik ekonomi dan infrastruktur. Masyarakat yang terlibat kan menerima Padat Karya Tunai Desa sebagai insentif selama masa pengerjaan. PKTD sendiri memprioritaskan masyarakat miskin, pengangguran dan setengah menganggur, serta masyarakat marjinal lainnya.

Dalam kondisi seperti saat ini, tentu kelompok keluarga menengah kebawah yang mendapatkan pengahasilan dari pekerjaan harian atau berjualan sangat terdampak. Dampak yang dirasakan adalah dampak ekonomi, karena banyak kegiatan yang akhirnya harus dihentikan untuk mencegah penyebaran wabah COVID-19. Pembayaran upah kerja PKTD akan dibayar setiap hari dengan mengikuti ketentuan sebagai berikut.

a. Menerapkan jarak aman antara satu pekerja dan pekerja lainnya minimum (2) meter.

b. Bagi pekerja yang sedang batuk atau pilek, maka wajib menggunakan masker.

Dua poin diatas diharapkan dapat dipahami dengan baik, agar masyarakat yang mengikuti Padat Karya Tunai Desa dapat aman selama bekerja.

Download Surat Edaran Menteri disini Surat Edaran Nomor 8 tahun 2020

https://drive.google.com/file/d/1z6PeZFBxHGNeL5uQ3sdUHnT6eXZgSb0o/view?usp=sharing

Baca juga informasi lain tentang Desa dan Bumdes di website gobumdes.id dan temukan beberapa referensi inovasi seperti Aplikasi Pencatatan Meteran Air Kedai Pams

Aplikasi Pencatatan Meteran Air Kedai Pams

About Gobumdes

Check Also

Permendes Nomor 16 Tahun 2019

Permendes Nomor 16 Tahun 2019 Pengganti Permendes Nomor 2 Tahun 2015

Permendes Nomor 16 Tahun 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami