Permendesa Nomor 16 Tahun 2018
Permendesa Nomor 16 Tahun 2018

Permendesa Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa

Permendesa Nomor 16 tahun 2018 dibuat untuk memberikan arahan tentang prioritas pembangunan yang akan dilakukan pemerintah Desa pada tahun 2019.

Upaya Pemerintah Pusat dalam pembangunan daerah diperkuat dengan adanya Dana Desa yang disalurkan ke seluruh desa yang ada di Indonesia. Hal ini dilakukan agar Desa dapat menentukan program apa saja yang bisa dibangun di Desa di tahun 2019. Setiap tahunnya, prioritas pembangunan dan penggunaan dana Desa di atur oleh Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal agar pembangunan bisa tepat sasaran dan program bisa terencana dengan baik.

Penyerapan Dana Desa tersebut terus dimaksimalkan melalui Peraturan Menteri Desa Nomor 16 Tahun 2018 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019 sehingga akan meminimalisir adanya penyalahgunaan dari dana desa.

Jadi, untuk memulai perencanaan sebuah program yang bersumber dari dana desa, pemerintah Desa diharapkan mampu menguasai permendesa yang akan di atur setiap tahunnya seperti permendesa nomor 16 tahun 2018 karena dengan adanya peraturan tersebut, desa akan mampu merencanakan pembangunan dengan tetap memperhatikan prioritas yang disepakati oleh pemerintah pusat yang sudah mengkonsep arah pembangunan negara atau nasional.

Apa Saja Prioritas Penggunaan Dana Desa menurut Permendesa Nomor 16 Tahun 2018?

Pada Bab I Ketentuan Umum poin ke-15, yaitu Prioritas Penggunaan Dana Desa adalah pilihan kegiatan yang didahulukan dan diutamakan daripada pilihan kegiatan lainnya untuk dibiayai dengan Dana Desa.

Berikut prioritas dari penggunaan Dana Desa yang tercantum pada Bab III Pasal 4.

a. Penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pembangunan Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa.


b. Prioritas penggunaan Dana Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat digunakan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan prioritas yang bersifat lintas bidang.


c. Prioritas penggunaan dana desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2), diharapkan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Desa berupa peningkatan kualitas hidup, peningkatan kesejahteraan dan penanggulangan kemiskinan serta peningkatan pelayanan publik di tingkat Desa.

Seperti Apa Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa?

Dalam Bab IV Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa pada pasal 14 pada permendesa nomor 16 tahun 2018, telah dijelaskan bahwa Penetapan prioritas penggunaan Dana Desa sesuai dengan prosedur perencanaan pembangunan Desa. Program dilaksanakan berdasarkan kewenangan Desa yang terdiri dari kewenangan Desa berdasarkan hak asal-usul dan kewenangan lokal berskala Desa yang ditetapkan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Penetapan Prioritas Penggunaan ini dilakukan secara terpadu dengan perencanaan pembangunan nasional, daerah provinsi dan daerah kabupaten atau kota.

Selain itu, penetapan prioritas penggunaan dana desa yang ditetapkan sebagai prioritas kegiatan, anggaran dan belanja Desa wajib dibahas dan disepakati melalui Musyawarah Desa yang hasilnya nanti akan dijadikan sebagai dasar Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa.

Bagaimana dengan prioritas penggunaan dana desa tahun 2020?

Untuk priotas penggunaan dana desa di tahun 2020 sudah di atur didalam permendesa Nomor 11 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana Desa tahun 2020. Permendesa tersebut sudah kami rangkum ke dalam sebuah artikel singkat agar dapat dipahami lebih mudah.

Semoga informasinya membantu dan dapat memberikan anda informasi yang sesuai. Jika konten ini bermanfaat bagi anda, maka silahkan share atau bagikan ke teman atau sesama penggiat Desa.

Donwload Permendesa Nomor 16 Tahun 2018

http://jdih.kemendesa.go.id/assets/documents/1540785265_peraturan_menteri_desa_pembangunan_daerah_tertinggal_dan_transmigrasi_nomor_16_tahun_2018.pdf

Baca juga
4 Inovasi Desa aplikasi untuk Inovasi Desa

Kedai POS Sistem Kasih Android untuk UMKM.
Download Gratis di Play Store

Sistem Kasir Android

About Gobumdes

Check Also

UU Nomor 6 tahun 2014

UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa

UU Nomor 6 Tahun 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami