Permendes Nomor 11 Tahun 2019 Download dan Bedah Tuntas -
Permendes Nomor 11 Tahun 2019
Permendes Nomor 11 Tahun 2019

Permendes Nomor 11 Tahun 2019 Download dan Bedah Tuntas

Permendes Nomor 11 tahun 2019 keluar setelah beberapa tahun program dana desa dikucurkan maka diatur tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020. Tentu Permen ini harus kita bantu sosialisasikan agar semakin banyak Desa yang melek dan mengetahui tentang informasi prioritas penggunaan dana desa untuk tahun 2020. Tentu informasi dan point-point yang ada dalam peraturan menteri ini harus kita pahami dengan baik agar kegiatan yang akan dilaksakan di desa dapat sejalan dengan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

Download http://bit.ly/2OkyVXA

Tujuan Penggunaan Dana Desa

Salah satu tujuan dari pengaturan prioritas penggunaan Dana Desa adalah untuk Pemerintah Desa dalam menetapkan prioritas penggunaan Dana Desa dalam kegiatan perencanaan pembangunan Desa. Prioritas penggunaan Dana Desa juga diatur di Permendes Nomor 11 tahun 2019 berdasarkan prinsip kebutuhan prioritas, keadilan, kewenangan desa, fokus, partisipatif, swakelola, dan berbasis sumber daya desa. Pada BAB II Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa, Pasal 5 pada ayat (2) menyebutkan bahwa prioritas Penggunaan Dana Desa harus memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat desa berupa Peningkatan Kualitas hidup seperti pelaksanaan program kegiatan pelayanan sosial dasar yang berdampak langsung pada kualitas hidup masyarakat.

Peningkatan Kesejahteraan

Berikutnya adalah Peningkatan kesejahteraan seperti menciptakan lapangan kerja yang berkelanjutan, meningkatkan ekonomi bagi keluarga miskis, dan meningkat pendapatan asli desa. Prioritas selanjutnya adalah penanggulangan kemiskinan seperti membiayai program penanggulangan kemiskinan, melakukan pemutahiran data kemiskinan, menjalankan program padat karya, menyediakan modal usaha dan pelatihan untuk warga desa serta melakukan pencegahan kekurangan gizi kronis (stunting). Prioritas berikutnya adalah peningkatan pelayanan Publik seperti bidang kesehatan, pendidikan dan sosial.

Detail penjelasan pasal 6 ayat (2) terlampir pada pasal 9 ayat (1) Permendes Nomor 11 tahun 2019 yang menjelaskan tentang peningkatan kesejahteraan masyarakat pada huruf a yaitu membiayai pelaksanaan program lintas kegiatan antara lain pengembangan produk unggulan desa, pembangunan dan pegembangan embung, pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana olah raga, dan pembentukan dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Adapun daftar Kegiatan Prioritas Bidang Pembangunan Desa tertera pada file salinan Permen Desa PDTT Nomor 11 tahun 2019.

Download salinan Permen Desa PDTT Nomor 11 tahun 2019

Download http://bit.ly/2OkyVXA

Daftar program kegiatan yang dapat dilaksanakan oleh desa dapat dilihat detailnya pada salinan Permen PDTT. Selain Permendes Nomor 11 tahun 2019, masih ada beberapa permendesa lain yang bisa di download oleh publik sebagai acuan penyelenggaran pemerintahan di desa dan bagaimana aturan pengelolaannya.

Kedai Pams – Aplikasi untuk Pamsimas. Coba Gratis

Baca juga :

Inovasi Reaktor Cacing Untuk Proses Pembuatan Pupuk Kompos

Kedai Pams – Aplikasi Gratis untuk manajemen PAMSIMAS di Desa

About Gobumdes

Check Also

Download Permendesa Nomor 6 tahun 2020

Permendesa Nomor 6 tahun 2020 tentang Perubahan Permendesa Nomor 11 tahun 2019

Permendesa Nomor 6 tahun 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami