Kerjasama Desa dan Pemerintah Kabupaten - Gerakan 1000 Bumdes

Kerjasama Desa dan Pemerintah Kabupaten

Kerjasama Desa menjadi salah satu jalan yang bisa digunakan untuk mempercepat pembangunan Desa. Kegiatan yang dapat dilakukan contohnya adalah kerjasama pemerintah Desa dengan kabupaten. Contohnya adalah rencana pembangunan inovasi dan usaha di Desa.

Salah satu rencana yang ingin dilaksanakan oleh Bupati Kuantan Singingi adalah membangun semangat Desa. Selain itu, peningkatan pelayanan di Desa juga bisa dilakukan dengan menggunakan inovasi teknologi. Peningkatan pelayanan dapat dilakukan dengan memperbaiki proses administrasi di Desa. Kegiatan yang bisa dilakukan adalah dengan mensinergikan semangat yang tertuang dalam visi misi kabupaten dan bisa mengimplementasikannya di setiap Desa. Kerjasama kedua lembaga seperti Desa dan pemerintah kabupaten sangatlah dibutuhkan.

Keberhasilan pemerintah baik di level pusat, daerah sampai dengan level desa untuk mensukseskan pembangunan berkelanjutan sangat tergantung dari kekompakan dan kerjasama seluruh elemen masyarakat yang berguna dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat. (Drs. H. Mursini, M.si – Bupati Kuantan Singingi, Riau)

Kerjasama pemerintah
Kerjasama Pemerintah

Kolaborasi tak hanya terbatas dari kerjasama antara desa dan kabupaten saja, tapi juga bisa bekerjasama antara Desa. Keberhasilan Desa bisa dengan memanfaatkan peluang kerja sama antar Desa dalam bentuk pembuatan Bisnis bersama antar Desa.

Kerjasama Desa di Kabupaten Kuantan Singingi

218 Desa yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi memiliki kriteria dan potensi yang unik. Ada yang memiliki potensi dipengembangan Kelapa Sawit, ada juga yang memiliki potensi di pengembangan usaha perkebunan Pisang Kipas. Selain itu, kondisi alam juga masih ada yang bisa dimaksimalkan untuk menjadi tempat wisata. Tentu potensi-potensi seperti ini harus mulai dipetakan dan dimasukkan ke dalam rencana program pengembangan Desa. Pengembangan dapat dilakukan dengan kerja sama dengan Desa lain atau pihak ketiga.

Kekompakan dan kerja sama seluruh lembaga dan masyarakat juga menjadi penting dalam pengembangan Desa di Kabupaten Kuantan Singingi. Kepala Desa yang baik dan bertanggung jawab menjadi salah satu kunci keberhasilannya.

Maju terus desa-desa di Indonesia. Bangaun relasi seluas-luasnya.

Yuk, simak terus informasi terkini seputar desa digital dan bumdes yang bisa didapatkan melalui :

Facebook : Sekolah Bumdes
Youtube : GoBumdes
Website : www.gobumdes.id
Instagram : gobumdes

Hubungi Kami Admin GoBumdes : 0813-4623-7309

About Gobumdes

Check Also

Contoh RAB Penanganan COVID19

Contoh RAB Penanganan COVID19 untuk Desa

Contoh RAB Penanganan COVID19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami