Poros Maritim Utara Indonesia dan Gagasan Pusat Ekonomi baru
Poros Maritim
Poros Maritim

Poros Maritim Utara Indonesia ! Membangun Poros Ekonomi di Wilayah Utara Indonesia

Poros Maritim Utara Indonesia merupakan sebuah gagasan keren yang direncanakan untuk membentuk pusat atau poros ekonomi baru di Utara Indonesia. Negara-negara tetangga yang berapa di Utara Indonesia seperti Filiphina yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sulawesi Utara, ada Malaysia yang berbatasan dengan Kalimantan Utara dan jika ke Utara lagi ada Jepang, China, Korea Utara dan Korea Selatan juga berada di Utara Indonesia. Membuka poros maritim di Utara Indonesia adalah konsep yang sangat baik tentu dengan analisis yang lebih detail baik bisnis dan mekanisme kerja sama serta kesiapan infrastruktur.

Sebuah konsep dan ide menarik yang disampaikan oleh Thariq, sebagai wakil bupati beliau memiliki amanah bersama dengan bupati untuk memajukan kabupaten Gorontalo Utara baik dari sisi infrastruktur, sumber daya manusia dan ekonomi desa.

Sebuah ide cemerlang untuk mendulang kembali hasil wilayah yang sangat melimpah untuk dimanfaatkan lagi  bagi kepentingan masyarakat Gorontalo Utara. beliau menyempatkan berbagi inspirasi dan menyaring aspirasi dengan mahasiswa Gorontalo di Yogyakarta, keesokan harinya dilanjutkan dengan melakukan pemaparan di Desa Ponggok, kabupaten Klaten tentang konsep dan skema rencana pembangunan Gorontalo Utara ke depan.

“Poros Maritim Utara Indonesia bukan hanya sebuah slogan tentang posisi wilayah kita(Gorontalo), Poros Maritim Utara Indonesia adalah sebuah semangat dan konsep terbentuknya Poros Ekonomi Baru di wilayah Utara Indonesia”.  

Thariq Modanggu – Wakil Bupati Gorontalo Utara.

Gorontalo Utara Digital Village

Gorontalo Utara Digital Village (G-DV) adalah salah satu konsep yang dibahas oleh wakil bupati dalam pemaparannya. Desa-desa di Gorontalo utara diharapkan mampu bersaing di tengah era Revolusi Industri 4.0 dengan meningkatkan kapasitas SDM dan pemahaman tentang penggunaan teknologi yang baik.

Poros Maritim Utara Indonesia
Poros Maritim

G-DV diharapkan mampu memacu pertumbuhan ekonomi desa di Gorontalo Utara dengan mempersiapkan perangkat desa dan masyarakat yang melek teknologi untuk memaksimalkan segala potensi yang ada di Gorontalo Utara baik UMKM, Start Up, BUMDes, Potensi Wisata dan kekayaan alam lainnya. Dengan hadirnya G-DV diharapkan semakin banyak anak-anak muda yang terlibat dalam pembangunan Gorontalo Utara. Selain itu, semangat digitalisasi desa ini juga diharapkan mampu memberikan pelayanan yang maksimal untuk seluruh masyarakat di Gorut.

“Boleh saja kami tinggal di Pucuk Utara negeri, namun semangat kami untuk terus membangun dan mendukung pembangunan ekonomi akan terus digaungkan hingga ke seluruh negeri!”

Gorontalo Poros Maritim Utara Indonesia

Untuk mempersiapkan rencana besar ini, Gorontalo Utara butuh kontribusi semua elemen masyarakat agar kritik dan saran dapat digunakan untuk kemajuan daerah. Terlebih di era Industri 4.0 ini Gorontalo Utara harus menyiapkan SDM-SDM yang memiliki skill yang mumpuni agar bisa bersaing dengan daerah-daerah lain.

Cek juga video menarik lainnya di channel GoBumdes
https://www.youtube.com/channel/UC2tjCEd5j3x-FH6lgKiO-BA

Instagram : @gobumdes 
Facebook : Sekolah Bumdes
Website : https://gobumdes.id/

Hubungi Kami Admin GoBumdes : 0813-4623-7309

Aplikasi Kedai Pams

Download Aplikasi Kedai Pams untuk mendapatkan kemudahan dalam melakukan pencatatan meteran air seperti SAB, PAMSIMAS, HIPPAM, KSP, BPSPAMS dan PDAM di Desa.

About Gobumdes

Check Also

Contoh RAB Penanganan COVID19

Contoh RAB Penanganan COVID19 untuk Desa

Contoh RAB Penanganan COVID19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami