Desa Terbaik ! Pemuda Berdaya dan Ide Visioner seorang Pemimpin Desa
Desa Terbaik
Desa Terbaik

Desa Terbaik ! Pemuda Berdaya dan Ide Visioner seorang Pemimpin Desa

Desa Terbaik di Indonesia terbentuk karena memang Kepala Desanya visioner dan punya daya saing yang tinggi. Dalam sebuah perjalanan di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu kami sempat berdiskusi dengan salah satu kepala desa Arga Jaya, bapak Tugiran. Beliau masih terlihat muda, semangatnya begitu besar untuk mengembangkan potensi desa. Beliau yang pernah bekerja sebagai kontraktor ini punya mimpi luar biasa untuk memajukan daerahnya agar tidak tertinggal. Saat kami bercerita, beliau sangat bersemangat dan memberikan inspirasi kepada kami dengan gambaran tentang keadaan desa yang beliau pimpin.

Desa diujung Perbatasan Kabupaten Mukomuko

Desa Arga Jaya terletak di Kecamatan Airrami, sebuah kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bengkulu Utara. Letaknya yang berada di ujung selatan kabupaten Mukomuko ini bukan berarti membuat kondisi Desa Arga Jaya tertinggal dari pembangunan infrastruktur atau Sumber Daya Manusia (SDM). Desa ini bahkan pernah mendapatkan penghargaan sebagai desa terbaik secara administrasi di Kabupaten Mukomuko dan awal tahun 2019 mendapatkan penghargaan lagi dari Kementerian Desa PDTT dan masih ada beberapa penghargaan lain yang berhasil diraih selama kepemimpinan bapak Tugiran.

Desa Arga Jaya
Desa Arga Jaya

Ketika berkunjung ke Balai Desa Arga Jaya, terlihat beberapa perangkat desa sedang mengurus administrasi atau sekedar internetan untuk membaca informasi berkaitan dengan desa. Selain itu, kepala desa dan perangkat desa juga aktif menggunakan sosial media untuk mendokumentasikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan di desa. Di hari-hari tertentu, ibu-ibu PKK terlihat aktif mengikuti kegiatan PKK di sekitaran balai desa seperti belajar tanaman hidroponik dan lain-lain. Yang menarik dan menginspirasi dari desa Arga Jaya salah satunya adalah strategi dan semangat kepala desa yang merangkul anak-anak muda di desa untuk masuk ke perangkat desa. Desa Terbaik di Kabupaten Mukomuko dan kini terus berjuang agar bisa menjadi Desa Terbaik di Provinsi Bengkulu.

Melibatkan Pemuda di Desa Terbaik

Mas Joko, Mas Johan dan masih banyak yang lain, mereka semua adalah anak-anak muda yang membantu kepala desa untuk menjalankan roda pemerintahan di desa. Memberikan masukkan dan saran kepada kepala desa sebelum mengambil sebuah keputusan. Lantas apa lagi yang membuat kami kagumi dengan bapak Tugiran? beliau tidak sungkan untuk meminta saran kepada perangkat desa yang lebih muda untuk memberikan saran dan masukkan, kemudian selalu menjadikan pendapat dan saran tersebut sebagai bahan pertimbangan sebelum membuat keputusan dalam bentuk program desa. Posisi kepala desa yang beliau pegang menjadikan beliau memiliki kesempatan untuk memberikan wadah seluas-luasnya kepada pemuda untuk berinteraksi dalam menunjang semangat untuk kemajuan desa.

Beliau dan perangkat desa mempunyai rencana besar yaitu membangun waterboom atau wahana air milik desa yang diharapkan mampu memberikan Pendapatan Asli Desa (PAD) di kemudian hari. Selain itu, waterboom ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif wisata buatan bagi masyarakat Arga Jaya khususnya dan seluruh masyarakat yang ada di sekitar desa Arga Jaya secara umumnya. Kehadiran wahana air ini diharapkan mampu meningkatkan pendapatan bagi UMKM di sekitar lokasi wisata dengan melibatkan pengusaha-pengusaha lokal untuk berjualan atau membuka jasanya di sekitar waterboom.

Rencana Pengembangan Bumdes Wisata

Pemasukan dari tempat wisata ini diharapkan mampu menjadi salah satu dana yang dapat menunjang pembangunan potensi desa lainnya di Arga Jaya dan dapat juga digunakan untuk meningkatkan produktivitas SDM atau meningkatkan kualitas infrastruktur di desa. Kehadiran waterboom juga diharapkan mampu menjadi wadah bagi siswa di sekolah-sekolah di sekitar Arga Jaya untuk mengasah kemampuan berenang dan sekedar berlatih fisik di sekitar waterboom. Selain itu, di sekitar waterboom juga akan dilengkapi dengan kebun buah yang ditumbuhi oleh berbagai macam jenis buah yang dapat dinikmati kembali oleh masyarakat desa atau wisatawan.

Masih banyak ide lain yang beliau diskusikan berkaitan dengan inovasi desa, salah satunya adalah pengolahan sampah, peternakan sapi dan pengolahan pupuk organik milik desa yang diharapkan mampu untuk membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat desa Arga Jaya dan meningkatkan pendapatan ekonomi bagi UMKM lokal. Semangat ini tentu menjadi inspirasi yang luar biasa bagi kami, karena lokasi daerah yang berada di ujung wilayah juga harusnya tetap bisa menjaga semangat dalam membangun daerah dan memberikan pelayanan yang maksimal bagi pelayanan masyarakat desa.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, tentu dibutuhkan kontribusi dari pemuda dan para ahli agar rencana yang ingin direalisasikan dapat terkonsep dan terencana dengan baik. Sehingga memperbesar peluang keberhasilan di kemudian hari serta semakin besar pula peluang untuk menciptakan lapangan kerja baru.

Cek juga video menarik lainnya di channel GoBumdes
https://www.youtube.com/channel/UC2tjCEd5j3x-FH6lgKiO-BA

Instagram : @gobumdes 
Facebook : Sekolah Bumdes
Website : https://gobumdes.id/

Hubungi Kami Admin GoBumdes : 0813-9268-2013

About Gobumdes

Check Also

Contoh RAB Penanganan COVID19

Contoh RAB Penanganan COVID19 untuk Desa

Contoh RAB Penanganan COVID19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami